JEN IN CONFUCIUS’S ANALECTS

William Chang

Abstract


Penulis menjelaskan sentralitas konsep ‘Jen’ dalam filsafat moral Konfusius dan menguraikan sejumlah besar pemahaman konsep ini agar bisa memahami maknanya yang sebenarnya dalam Analects Konfusius. Selanjutnya, konsep ‘Jen’ dibandingkan dengan dengan paham ‘cinta kasih’ dalam Injil Yohanes. Kemudian, penulis mengupas arti ‘Jen’ dalam relasinya dengan konsep ‘Li’ dan konsep ‘Chun-tzu’. Penulis mengambil kesimpulan bahwa ‘Jen’ adalah satu kebijakan universal yang inklusif dan yang dapat mengantar orang kepada kesempurnaan moral. Realisasi Jen, yang berakar dalam cinta, adalah selalu dalam relasi dengan orang lain.

Keywords: Confucius, Moral Philosophy, Jen, Li, Chun-Tzu, love.

Full Text:

PDF

References


Anh, To Thi. Nilai Budaya Timur dan Barat: Konflik atau Harmoni? Translated from Eastern and Western Cultural Values by John Yap Parera. Jakarta: PT Gramedia, 1985.

Ching, Julia. Confucianism and Christianity: A Comparative Study. Tokyo, New York and San Francisco: Kodansha International, 1977.

Creel, H. G. Confucius and the Chinese Way. New York: Harper Row Publishers, 1960.

Kueng, Hans and Ching, Julia. Christianity and Chinese Religions. Translated by Peter Bayer. New York, London, Toronto, Sydney, Auckland: Doubleday, 1989.

Magnani, Luigi. Il Libro della Sentenze di Confucio. Parma: Istituto Missinie Estere, 1927.

Smith Huston. Agama-agama Manusia. Translated from The Religions of Man by Saafroedin Bahan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1991.

Suryadinata, Leo. Kebudayaan Minoritas Tionghoa di Indonesia: Konflik atau Harmoni? Translated from The culture of the Chinese Minority in Indonesia by Dede Oetomo. Jakarta: PT Gramedia, 1988.

Bretzke, James. T. “The Tao (Moral Vision) of the Confucian ‘Superior Man’: A Contemporary Reflection on an Ethics of Virtue. Manuscript.” Roma: University of Gregorian, 1992: 1-36.

Chi, Pe-ssu. “Essential Points of Chinese Culture.” Ching Feng 10 (Winter, 1967): 6-19.

Cua, Antonio S. “Reflections on the Structure of Confucian Ethics.” Philosophy East and West 21 (1971): 125-140.

Lin, Timothy Tian-min. “The Confucian Concept of Jen and the Christian Concept of love.” Ching Feng 15 (1972): 162-175.

Lin, Yue-sheng. “The Evolution of the Pre-Confucian Meaning of Jen and the Confucian Concept of Moral Autonomy.” Monumenta Serica 31 (1974-1975): 172-204.




DOI: http://dx.doi.org/10.31385/jl.v10i2.141.283-298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Flag Counter Creative Commons License
Copyright© 2015 JURNAL LEDALERO This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero Jalan Trans Maumere-Ende - Sikka - Flores - Nusa Tenggara Timur - Indonesia Telp/Fax: 0382 2426535